Selasa, 20 Maret 2012

Tingkatkan Peran Ormas Politik, LP2LSEM Sumbawa Gelar Lokakarya


Sumbawa Besar, SE.
Meningkatkan peran dan kerjasama ormas bidang politik dalam negeri, Direktorat  Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri  bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Penelitian Lingkungan Sosial Ekonomi Masyarakat (LP2LSEM) Kabupaten Sumbawa menggelar Lokakarya, di Hotel Cirebon, Selasa (20/3).
Ir Ahmad Yani, M.Si, Ketua LP2LSEM Sumbawa kepada wartawan Sumbawa Ekspres, , kemarin, menjelaskan, Lokakarya sehari mengambil tema “Peran Ormas bidang politik dalam negeri atau bidang ketahanan seni, budaya, agama dan kemasyarakatan di Kabupaten Sumbawa” ini dihajatkan untuk memaksimalkan peran dan fungsi semua stakeholder agar kebhinekaan bangsa ini dapat menjadi pemersatu bangsa.
Melalui lokakarya ini, Ahmad Yani berharap mampu menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat tentang keanekaragaman budaya bangsa yang dapat memperkokoh kesatuan dan persatuan nasional serta stabilitas politik dalam negeri yang dilandasi oleh semangat serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
“Lokakarya ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi serta kemampuan merencanakan maupun melaksanakan kegiatan bagi aparatur pemerintah daerah, ormas bidang kebudayaan dalam pelaksanaan pelestarian dan pengembangan budaya daerah,” terang Ahmad Yani.
Selain itu juga, diharapkan mampu membuka wawasan, pengetahuan bagi masyarakat, terutama tentang ketahanan seni, budaya, agama dan kemasyarakatan yang beragam merupakan nilai yang dapat mempersatu NKRI.
“Sehingga nantinya dapat disebarluaskan baik ke tingkat keluarga, lingkungan sekitar dan masyarakat luas,” harapnya.
Lokakarya kali ini diikuti 100 peserta mewakili unsure pemerintahan desa, LSM/Ormas, generasi muda, tokoh agama, tokoh masyarakat serta wakil dari perempuan. Lokakarya ini dilaksanakan melalui ceramah, diskusi dan sesi tanya jawab dengan nara sumber Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Linmas Kabupaten Sumbawa Ir H Zulqifi dan Syariuddin Dahlan SH Dosen Universitas Samawa Sumbawa Besar. (Anto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar