Rabu, 21 Maret 2012

Diduga Bermasalah, Pemerintah Tunda Umumkan Tes Newmont


Sumbawa Barat, SE.
Pemerintah daerah Sumbawa Barat melaporkan kemungkinan besar pengumuman tes rekrutmen karyawan Non skill Newmont dilingkar tambang akan ditunda menyusul laporan media terkait dugaan kecurangan rekrutmen itu.
Kepala Dinas ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sumbawa Barat, Manawari, di Taliwang, Rabu, mengatakan informasi terkait dugaan kecurangan tersebut sebenarnya telah ia terima, tapi hanya melalui Sort Missage Service (SMS). Awalnya, laporan itu belum dapat ditindak lanjuti sebab bukan laporan resmi  yang bisa dipertanggung jawabkan.
 “Tapi setelah ada laporan media dan berita sudah ditulis dibeberapa Koran, Pengumuman itu kemungkinan kami tunda. Tentu saja kami lakukan penyelidikan terlebih dahulu,” terangnya, menjawab wartawan dikantornya.
Kepala dinas mengaku sesuai ketentuan, ferivikasi adminsitratif sepenuhnya dilakukan tim Adhoc yang terdiri dari kepala desa dan tokoh masyarakat. Ferfikasi itu meliputi, identitas diri, keterangan domisili, kartu keluarga serta tempat tangal lahir.
Memang hasil ferivikasi tim ini, kata Manawari, bukan penentu kelulusan. Seluruh kebijakan penilaian dan penentuan kelulusan ada ditangan tim terpadu.
Pemerintah kata Manawari belakangan ini tak ingin masalah yang muncul akan mengganggu kerja tim nantinya. Apalagi isu itu sensitif dan berdampak luas atau bisa memicu kemarahan masyarakat.
 “Semua temuan kita akan kroscek. Mungkin kita akan panggil tim Adhoc dimana desa yang diduga bermasalah, tapi itu setelah kita konsultasikan kepada internal tim terpadu lainnya,”katanya, panjang lebar.
Dugaan kecurangan atas rekrutmen karyawan Newmont sebelumnya dirilies media massa. Sejumlah Koran terbitan regional memberitakan bahwa  sejumlah anak dan keluarga pejabat serta karyawan Newmont ternyata diluluskan. Sebelumnya, kelulusan memicu reaksi negatif pencari kerja lokal. Secara etika dan sistemik, kelulusan itu dicurigai tidak prosedural dan dikhawatirkan menimbulkan dampak sosial yang luas.
Sedianya, pemerintah Sumbawa Barat bersama tim terpadu berencana mengumumkan hasil kelulusan rekrutmen karyawan Newmont, Senin pekan depan namun terpkasa ditunda menyusul mencuatnya kasus tadi. Pengumuman kelulusan itu sedianya untuk kawasan lingkar tambang, Yakni, Jereweh, Maluk dan Sekongkang. Bersamaan dengan itu, tim terpadu juga mengumumkan jadwal proses tes di Kecamatan Taliwang dan sekitarnya. (Ndy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar