Kamis, 18 Oktober 2012

Tahun 2013 Program BSS Fokus Selesaikan Masalah Peternakan


Sumbawa Besar, SE.
Tahun 2013   program Bumi Sejuta Sapi (BSS)  akan lebih focus pada penyelesaian akar persoalan dalam usaha pengembangan peternakan. Salah satunya yang menjadi target utama adalah penyediaan pakan.
Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa, Ir. Syafruddin Nur Kamis (18/10) mengatakan, ternak merupakan industry biologis sehingga untuk memacu perkembangannya dibutuhkan ketersediaan pakan yang memadai.
“Potensi lahan yang ada sangat memungkinkan untuk dikembangkannya pakan ternak, untuk mengantisipasi saat terjadinya musim kemarau,” katanya.
Salah satau cara yang akan dikembangkan untuk penyediaan pakan ternak ini, kata Syarifuddin adalah menerapkan gerakan lamtoronisasi. Gerakan lamtoronisasi ini meliputi penanaman pohon sejenis lamtoro, gamal, turi dan tumbuhan yang memiliki akar tunjang.
Dipilihnya tanaman tersebut karena  saat musim kemarau jenis tumbuhan ini masih kuat bertahan. Lain halnya dengan tumbuhan (sejenis rumput) yang memiliki akar serabut, yang hanya mampu betahan saat musim hujan saja.  “Rumput tidak sepanjang tahun selalu tersedia, salah satu upaya agar pakan ternak tercukupi tentunya program lamtoronisasi merupakan sebuah solusi tepat,” pungkasnya.(YD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar