Kamis, 25 April 2013

8.500 Personil Gabungan Amankan Pilkada NTB

Mataram, SE
Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda) NTB terjunkan sekitar 8.500 personil gabungan untuk amankan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB pada 13 Mei 2013 mendatang.
Personil tersebut merupakan tim gabungan dari TNI-Polri yang nantinya akan disebarkan diseluruh NTB.
Pada pengamanan ini, Polda NTB akan melibatkan sekitar 5.568 personil sedangkan TNI akan melibatkan sebanyak 2.300 personil. Ribuan personil tersebut juga dilibatkan dalam pengamanan Pemilukada Bupati dan wakil Bupati Lotim serta Walikota dan Wakil Walikota Bima.
Ribuan personil gabungan itu diterjunkan untuk menciptakan dan menjaga pelaksanaan Pemilukada tiga kepala daerah di NTB yang dilakukan serempak bisa berjalan aman dan kondusif.
Kapolda NTB, Brigjen Pol, M Iriawan menjelaskan bahwa dalam pengamanan pemilukada NTB 13 Mei mendatang dilibatkan personil Polri sebanyak 5.568 orang. Selain itu, dilibatkan juga personil Brimob dari Kelapa dua dan Jogyakarta sebanyak 4 SSK (Satuan Setingkat Kompi).
“Empat SSK Brimob ini akan ditempatkan di Lombok Timur dan Kota Bima,” ucap Kapolda NTB didampingi Danrem 162 WB ketika ditemui seusai gelar pasukan pengamanan Pilkada NTB di Lapangan Gajah Mada Polda NTB.
Menurutnya, pasukan bantuan ini akan tiba pada tanggal 9 Mei di Bandara Internasional Lombok (BIL) dan ada juga yang langsung dari Jogjakarta ke Bima.
Sementara itu, Danrem 162 WB, Kolonel Inf. Zulfardi Junin mengatakan dalam pengamanan Pemilukada TNI akan menerjunkan sebanyak 2.300 personil. Bantuan personil juga ada dari Kodam Udayana yaitu dari Batalyon Raider. Personil Batalyon Reider ini nantinya akan diterjunkan tergantung dari eskalasi dilapangan.
Dalam upacara gelar pasukan pengamanan Pemilukada NTB 2013 bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah (Sekda) NTB. M Nur.
M. Mur menyebutkan dari kesiapan sudah cukup mantap karena sesuatu yang ditampilkan kebersamaan, semua unsur keamanan ikut ambil bagian sesuai dengan tupoksinya. “Sehingga dengan demikian saya berkeyakinan Insya Allah aman tapi itu semua tergantung bagiamana masyarakat mengambil bagian berpartisipasi menciptakan keamanan,” katanya.
Keterlibatan semua elemen masyarakat untuk menciptakan keamanan sangat penting dan utama.(mn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar