Minggu, 14 April 2013

PTNNT Rampungkan GSG ke-10 di Lunyuk

Sumbawa Besar, SE.
PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) menyerahkan Gedung Serba Guna (GSG) “Lunyuk  Agung”  di Desa Lunyuk Rea   Kecamatan Lunyuk, Kamis (11/04) lalu. Penyerahan GSG ke -10 yang dibangun oleh PTNNT itu, ditandai penyerahan kunci secara simbolis dari Manager Sosial Responsibility PTNNT H. Kasan Mulyono kepada Camat Lunyuk Lukmanuddin S.Sos, disaksikan unsur Muspika dan tokoh masyarakat setempat.
Manager Sosial Responsibility PTNNT H. Kasan Mulyono, pada penyerahan sekaligus peresmian GSG senilai Rp 650 juta itu, menyebutkan, pembangunan GSG ini merupakan bagian dari tanggungjawab social untuk pemberdayaan masyarakat.
“Dengan adanya gedung serba guna ini kami berharap dapat membantu mangatasi kebutuhan masyarakat Kecamatan Lunyuk akan adanya sarana gedung yang memadai untuk tempat olah raga, pertemuan dan kegiatan social kemasyarakatan lainnya,” ujar Kasan Mulyono.
Kasan Mulyono menyatakan apresasi dan terima kasih kepada segenap lapisan masyarakat Kecamatan Lunyuk atas dukungan dalam proses pengadaan  dan penentuan lokasi serta pengamanan selama proses pembangunan GSG tersebut.  Sehingga proyek ini selesai tepat waktu dan sesuai rencana.
“Harapan kami agar gedung ini dapat dikelola dan dirawat dengan sebaik-baiknya agar manfaatnya bisa berlanjut dalam waktu yang lama,” katanya.
Kegiatan eksplorasi dimulai sejak 2011 diawali kegiatan sosialisasi termasuk juga di Kecamatan Lunyuk. Saat ini pihaknya sedang dalam proses eksplorasi, dan ini terjadi berkat dukungan masyarakat setempat.
Khusus untuk Kecamatan Lunyuk, yang paling utama adalah pembangunan Gedung Serba Guna dan bantuan masing-masing desa sebesar Rp 50 juta per tahun.
‘’Program comdev berbasis kelompok swadaya masyarakat memang baru tahap awal. Tapi ini akan jadi embrio inti pengembangan masyarakat ke depan,” cetusnya.
Ia juga berharap dukungan masyarakat agar proyek eksplorasi Elang dapat berjalan dengan lancar dan mendapat hasil postif sehingga kesempatan kerja dan peluang usaha bagi pengusaha lokal Sumbawa dapat terserap lebih banyak.
GSG ini sama seperti bangunan sebelumnya, yakni memenuhi standar bangunan SNI, PMI menggunakan rangka kuda-kuda baja profil siku dan penutup atap  dari galvalum dilengkapi fasilitas satu lapangan bulu tangkis, dua kamar mandi satu diantaranya kamar ganti dan tempat parkir kendaraan.
“Semoga gedung ini, bisa menjadi simbol perekat silaturrahmi melalui kegiatan olah raga maupun kegiatan social kemasyarakatan lainnya,” harap Kasan Mulyono.
Sementar itu, Camat Lunyuk, Lukmanuddin S.Sos menyebutkan, lokasi pembangunan gedung yang terletak di Desa Lunyuk Rea ini masih menyisakan sejumlah lahan. Di lahan yang tersisa ini diharapkan dapat dibangun panggung sebagai lokasi resepsi pernikahan, juga sarana olah raga volley ball, tenis dan kegiatan social kemasyarakatan lainnya.
 ‘’Kami sangat bersykur PTNNT telah membangun gedung semegah ini,” ujarnya.
Menurutnya, pembangunan gedung GSG ini belum tentu dapat terealisasi jika mengandalkan dana APBD. Tapi melalui dana dari PTNNT, pembangunannya bisa terlaksana dengan cepat sesuai rencana.
“Dengan adanya gedung ini, akan dimanfaatkan tidak sekedar untuk olahraga, kegiatan keagamaan, kesenian dan budaya, tentunya kami harap dapat dirawat sehingga bias dimanfaatkan dalam waktu lama,” katanya.
Mantan Camat Ropang ini, berharap kepada masyarakat agar memanfatkan bangunan ini dengan baik. Bila perlu buat aturan untuk menggunakan fasilitas ini di jam istirahat dan waktu ibadah. Agar masyarakat tidak hanya sehat jasmaninya, tapi juga rohaninya.
“Dengan adanya fasilitas ini juga, diharapkan prestasi olahraga bisa di tingkatkan,” katanya.
Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, M. Lutfi Makki, AMd M.Si dalam laporannya menyebutkan, pembangunan gedung ini dilakukan oleh pengusaha lokal, dengan dana sebesar Rp 650 juta. ‘’Pelaksanaannya dilakukan selama 90 hari kalender,” ungkap mantan Kasubag Humas dan Protokol Setda Sumbawa ini.
Dalam serah terima GSG terebut panitia juga menyerahkan hadiah bagi pemenang sayembara untuk nama gedung serba guna tersebut, yakni “Lunyuk Agung”  kepada Afrizal Febriansyah, Siswa SMPN 1 Lunyuk dan Siti Zahra, Guru SDN Lunyuk Rea. Disamping penyerahan bantuan karpet untuk Masjid setempat dari PTNNT.(YK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar