Kamis, 02 Mei 2013

Kesiapan Pilgub di Sumbawa Capai 90 Persen


Sumbawa Besar,  SE.
Dengan tibanya surat suara untuk Pilgub NTB 13 Mei mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumbawa memastikan 80 hingga 90 persen pelaksanaan Pilgub telah siap. Selain surat suara, logistik lain yang digunakan pada saat pencoblosan juga telah berada di KPUD Sumbawa.
 “Surat suara sudah sampai (Senin/29-04). Jumlah 140 dus atau kotak. Perdus itu 2.400 lembar. Ada satu dus yang isinya 401 surat suara,” kata Suhardi So`ud,SE., Ketua KPUD Sumbawa, kepada wartawan
Menurutnya, dari jumlah surat suara yang telah diterima, hampir dipastikan telah memenuhi kebutuhan berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 325.880, dari yang sebelumnya sebanyak 325. 855 orang.
“Kita akan usulkan untuk minta 25 lembar lagi ke KPU provinsi. Perlengkapan TPS sudah sampai, sudah lengkap semua,” katanya.
Ditambahkan, KPUD Sumbawa mulai melakukan penyortiran terhadap surat suara tersebut. Apabila ada kekurangan karena surat suara yang memiliki cacat dan sebab lainnya, maka KPUD Sumbawa akan membuat laporan, termasuk usulan penambahan 25 lembar, apabila masih dibutuhkan.
Namun apabila ada kelebihan dari penyortiran tersebut, maka akan dijadikan sebagai tambahan kekurangan.
 Ditegaskan, logistik pilgub termasuk surat suara, rencananya akan didistribusikan minggu depan atau selambat-lambatnya telah berada di PPS sehari sebelum pencoblosan.
“Rencana pendistribusian ke daerah minggu depan, minimal H-1 sudah sampai ke TPS. H-4 sudah di PPK, h-2 sudah di PPS dan H-1 sudah ada di TPS,” jelasnya.
Dikatakan, dalam mengirim logistik ke daerah, KPUD Sumbawa akan memprioritaskan daerah tergantung kategori atau tingkat medan seperti sulit, sedang dan mudah.
“Akan prioritaskan yang sulit dulu. Tapi sekarang tidak ada kategori yang dapat dikatakan sulit, karena pengiriman ke daerah-daerah yang sulit akses transportasi tidak terlalu terkendala. Sebab, saat ini telah memasuki musim kemarau. Itu sudah kita hitung berdasarkan pengalaman di pemilu-pemilu sebelumnya, untuk darah berat, sedang dan ringan,” ungkapnya.
Dikatakan, selain logistik, KPUD Sumbawa juga telah mempersiapkan keseiapan lainnya, seperti telah melakukan bimbingan teknis pemungutan suara dan rekapitulasi di tingkat PPK dan PPS.
Sedangkan minggu ini, KPUD Sumbawa akan menyelesaikan bintek untuk memberikan pemahaman kepada PPK dan PPS tentang teknis penghitungan dan rekapitulasi.
 “Kalau dulu itu, rekapitulasi dilakukan PPK saja. Tapi sekarang penghitungan mulai di lakukan di PPS baru nanti di PPK. Sekarang dengan aturan baru harus dilakukan penghitungan di PPS, akan lebih mudah. Sekarang sudah tidak ada masalah, sekarang kita sudah siap 80 hingga 90 persen lakukan pemungutan suara Pilgub ini. Jadi kita di sumbawa sudah siap selenggarakan pemilihan gubernur,” tegasnya.
Ia berharap, pasangan calon dapat memanfaatkan saat-saat kampanye untuk menjual visi-misi atau memanfaatkan jadual kampanye untuk berkampanye, dan tidak berkampanye di luar jadual. (Us)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar