Senin, 20 Mei 2013

Tolak Kedatangan Boediono, Aliansi LSM Bakal Gelar Demo


Sumbawa Besar, SE.
Agenda kunjungan kerja Wakil Presiden (Wapres) RI Boedono ke Kabupaten Sumbawa 1 Juni mendatang, bakal diwarnai aksi protes kalangan aktivis LSM.
Hamzah,  Ketua LSM Gerakan Masyarakat Sumbawa Peduli Reformasi  (Gempur) kepada wartawan kemarin, menyebutkan, aliansi LSM tidak mendukung kedatangan Wapres ke Sumbawa, karena tidak akan memberikan kontribusi dan juga kedatangannya hanya sekedar roadshow belaka di akhir masa jabatannya .
“ Aliansi LSM akan melakukan aksi demo sebagai bentuk penolakan atas kedatangan Wapres Budiono ke Sumbawa,” ujar Hamzah yang juga selaku koordinator aksi.
Ia sangat berharap kepada mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut untuk mengurungkan niatnya berkujung ke Sumbawa, sebab kata Hamzah selain akan merepotkan ibu- ibu PKK menyiapkan hidangan dari urusan masak-memasak  hingga ke urusan kesibukan cuci piring usai pertemuannya nanti.
Yang tak kalah pentingnya Hamzah menyarankan agar Wapres diakhir masa jabatannya ini lebih baik memanfaatkan sisa waktunya untuk berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK) terkait proses penanganan serta penyelesaian kasus skandal bail out century yang hingga kini masih menjadi tanda tanya besar bagi seluruh rakyat seantero penjuru Negeri.
“Kedatangan Boediono nanti pada akhirnya hanya merepotkan Ibu-ibu PKK saja. Kami menyarankan sebaiknya Wapres intens mendesak KPK untuk segara menuntaskan penanganan serta penyelesaian kasus skandal bail out bank century, karena kasus itu sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat seantero negeri ini,” harapnya.
Bukan hanya itu, Hamzah yangg didampingi Ketua LSM Kamita, Khairil Anwar yang kerap di sapa Uban juga menilai, tidak berlebihan kalau kunjungan Wapres ke Sumbawa ini dikait - kaitkan  memiliki korelasi dengan situasi pasca PT.Newmot Nusa Tenggara (PT NNT) menghentikan seluruh aktivitas kegiatan eksplorasi di blok Elang dodo Kecamatan Ropang. Indikasinya, ungkap Hamzah, Negara harus memberikan jaminan maksimal terhadap keamanan invesatasi dan wajar bila masyarakat mengait-ngaitkan hal itu. Sebab sampai saat ini pihak manajemen PT NNT juga belum memberikan pernyataan resmi, apakah penghentian aktivitas tersebut dihentikan dengan cara mendadak atau kerena hal-hal yang  mempengaruhi arus kas perusahaan PT. NNT, cash flow misalnya.
“ Di duga kunjungan Wapres ini ada korelasinya dengan penghentian aktivitas ekpolasi PTNNT  di blok elang dodo, karena bagaimanapun juga pran Negara harus memberikan jaminan keamanan terhadap Investasi, apalagi investasi tambang sekelas PTNNT,”  timpalnya.
Ketua LSM Kamita, Khairil Anwar menduga petinggi perusahaan tambang emas dan tembaga tersebut berada dibalik kunjungan Wapres ke Sumbawa ini, sebab ada beberapa kemungkinan bisa menjadi penilaian yang bersifat spekulatif dikalangan masyarakat, misalnya apakah pengehentian aktivitas eksplorasi itu akibat pemilihan gubernur NTB, apakah karena pengaruh kondisi keuangan dunia yang lagi resesi dan apakah karena emas,tembaga  harganya lagi anjlok.
”Manajemen PTNNT harus memberikan klarifikasi menyangkut persoalan terhentinya segala aktivitas eksplorasi itu, kami membutuhkan penjelasan dari PTNNT, dan di pihak karyawan juga perlu kepastian, apa program selanjutnya yang bisa dilakukan secara internal hingga tidak terjadi kevakuman aktivitas. Martiono lebih baik mundur  dari kursi jabatan Presiden Direktur ketimbang diam saja. Sekarang zaman transparan buka ke publik apa yang sebenarnya terjadi masyarakat perlu tahu,” pintanya.
Ditanya LSM mana saja yang bergabung dalam aliansi, menurut Uban, nama-nama LSMnya lagi di daftar dan di seleksi.
“Kami sedang inventarisir LSM mana nantinya yang akan bergabung dalam aliansi, sekarang lagi di seleksi,” paparnya.
Sebelumnya, Kepala Departemen Komunikasi PTNNT, Ruby Purnomo, yang dikonfirmasi media membenarkan proyek eksplorasi di blok Elang bakal ditangguhkan sementara.
“Pada Selasa (14/05) lalu perusahaan telah mengumumkan kepada karyawan bahwa kegiatan eksplorasi blok elang akan ditangguhkan. Dalam waktu dekat, perusahaan akan menyampaikan informasi lebih lanjut tentang detail rencana baru proyek eksplorasi blok elang tersebut,” pungkasnya.(Hg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar