Kamis, 01 November 2012

27 SD di Sumbawa Siap Jadi Sekolah Model


Sumbawa Besar, SE.
Dinas Pendidikan Nasional sejak tahun ini telah menunjuk sebanyak 27 Sekolah Dasar Negeri untuk menjadi Sekolah Model. Sekolah model nantinya akan ada minimal 1 di tiap Kecamatan. Tujuannya, yakni ingin menciptakan output pendidikan yang berkualitas baik itu proses maupun hasilnya.
 “Kami sudah menyiapkan dokumen sekolah model dan penunjukannya melalui SK Bupati. Jadi ada 1 SD model tiap Kecamatan. Ada juga Kecamatan yang 2 SD modelnya,” jelas Sekdis Diknas Sumbawa, Syahril, M.Pd, Kamis (1/11).
Pemberlakuan sekolah model, terangnya, dalam upaya percepatan peningkatan kualitas sekolah. Disamping itu juga untuk percepatan peningkatan dan pemenuhan standar pelayanan.
Diharapkan sekolah model ini dapat menjadi akselerator peningkatan kualitas dan menumbuhkan persaingan dalam mencapai kualitas sekolah.
Dijelaskan, perbedaan sekolah model dengan sekolah standar nasional (SSN) terletak pada cirri khas sekolah model, yakni adanya keunggulan tersendiri dengan kearifan lokal. Sedangkan SSN hanya pemenuhan standar nasional. “Sekolah model harus lebih dari SSN,” ucap Syahril.
Saat ini semua calon sekolah model tengah dalam pentahapan menuju sekolah model. Sehingga pada 2015 nantinya akan menjadi sekolah model berbasis keunggulan dan kearifan lokal.(KN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar