Kamis, 01 November 2012

Tenaga Honor K-2 Penuhi Syarat Hanya 20 Persen



Dompu, SE
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Dompu, H Moch Syai’un, dalam acara pembinaan aparatur, Kamis (1/11) mengungkapkan, saat ini di Kabupaten Dompu, banyak bergentayangan calo yang menjanjikan kelulusan CPNS. Hal itu lantaran, sudah ada signal dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras (Kemen PAN dan RB), sebanyak 20 persen dari 791 tenaga honor tersisa katagori 2 (K-2), memenuhi persyaratan.
Ia meminta kepada para tenaga honor yang masuk dalam K-2, untuk tidak tertipu oleh ulah calo tersebut. Ia juga meminta jika ditemukan ada praktek-praktek yang menawarkan kelulusan, diminta untuk melaporkan ke kepolisian. Dari data yang di dapat Syai’un, kebanyakan yang menjadi calo tersebut adalah pegawai dilingkup pemkab Dompu sendiri.
 “Konyolnya lagi, yang menjadi calo itu pegawai sendiri baik yang bertugas pada fungsional dan struktural. Mereka bergerilya di kecamatan-kecamatan dengan menawarkan kelulusan asal mau membayar Rp20 juta,” katanya.
Syai’un menambahkan, rata-rata para calo yang bergentayangan tersebut, mematok harga hingga Rp20 juta per orang. Bahkan, dalam menjalankan aksinya, calo tersebut meminta uang muka sebesar Rp10 juta dan sisanya akan diminta jika namanya keluar. Namun sayangnya, mantan kepala Dinas Kesehatan kabupaten Dompu ini, enggan membeberkan nama-nama pegawai yang terlibat percaloan tersebut.
Ia menegaskan, sebetulnya keinginan kuat dirinya untuk meloloskan 791 tenaga honor K-2 tersebut, namun lantaran dari data yang disulkukan, hanya terpenuhi sebanyak 20 persen saja. Ia mengingatkan kepada tenaga honorer K-2, jika memang namanya lolos dalam pengusulan tersebut, itu lantaran memang persyaratan yang dikirim telah memenuhi standar.
 “Jika tenaga honor K-2 itu nanti masuk dalam 20 persen, itu bukan lantaran bantuan siapapun, termasuk saya. Itu karena memang persyaratannya sesuai,” katanya.
Syai’un tidak bisa memastikan meski dalam usulan namanya lolos memenuhi persyaratan, di jamin akan diangkat menjadi CPNS. Tenaga honor K-2, nantinya setelah lolos persyaratan akan menjalani tes CPNS, layaknya peserta dari umum.(ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar