Senin, 29 April 2013

31 Miliar Dana Bantuan Pengembangan Sapi Mengalir Ke-KLU


Lombok Utara, SE
Program Bumi Sejuta Sapi yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mendapat respons positif masyarakat Kabupaten Lombok Utara. Hal itu terbukti dengan terbentuknya ratusan kelompok tani dan ternak yang tersebar pada lima kecamatan.
Pemda Lombok Utara melalui bidang peternakan, DPPKKP telah melaksanakan sejumlah beberapa program kemasayarakatan baik dalam bentuk budidaya ternak maupun bantuan sosial. Bahkan sejak tahun 2008 dinas peternakan setempat telah menggelontorkan dana Miliaran Rupiah untuk mewujudkan pemberdayaan peternak Sapi.
Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH menyerahkan bantuan sosial bidang peternakan tahun 2013 untuk sejumlah Kelompok Tani Ternak (KTT) se-Kecamatan Gangga di Telaga Maluku Desa Rempek, belum lama ini mengatakan, pihaknya berkomitmen mengembangkan peternakan sapi, sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, disamping untuk mecapai swasembada daging dan mendukung program BSS, provinsi NTB. Untuk itu Bupati berharap kepada instansi terkait agar melakukan pembinaan dan memantau terus-menerus perkembangan KTT di Lombok Utara.
Sementara itu, Kepala Peternakan,  DPPKKP Kabupaten Lombok Utara Ir Hermanto menjelaskan jumlah bantuan yang telah disalurkan kepada masyarakat peternak di KLU dari tahun 2008 hingga tahun 2013 yang berasal dari berbagai sumber adalah sebesar Rp.31.857.157.000,-. Total dana itu tersebar dalam 202 kelompok, dimana komposisi sumber dana antara lain 71 persen bersumber dari dana APBN, 12,8 persen dari APBD I,11,2 persen dari APBD II dan 5 persen dari sumber lainnya.(nn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar