Kamis, 25 April 2013

Amankan Pilgub NTB, Aparat Gabungan Gelar Pasukan

Sumbawa Besar, SE.
Mengamankan proses pilgub NTB yang dimulai dalam masa kampanye pada Jum’at (26/04/2013), aparat gabungan yang terdiri atas unsur TNI, POLRI, Pol PP, dan Linmas menggelar pasukan di Mapolres Sumbawa, Kamis (25/04/2013) yang diberi sandi Operasi Mantap Praja Gatarin.
Dalam pengamanan proses Pilgub hingga purna Pilgub tersebut di Kabupaten Sumbawa akan dikerahkan sebanyak 410 kekuatan Polres, 80 personel dari Kodim 1607, Sat Brimobda NTB Kompi C 100 personel, Pol PP 60 personel dan Linmas sebanyak 1888 orang personel.
Bertindak sebagai pimpinan apel gelar pasukan, Kabag Sumda Polres Sumbawa, Kompol Etek Riawan, menegaskan, kepercayaan masyarakat dan pemerintah kepada aparat gabungan ini harus dijawab dengan kesungguhan aparat di lapangan. Apalagi Pilgub NTB akan memasuki tahapan kampanye dan harus disikiapi dengan penuh kedewasaan dalam perjalannya.
Hal ini, tandasnya, juga membutuhkan kesadaran masyarakat untuk menampilkan sikap santun dalam berpolitik agar tidak menimbulkan friksi yang justru menyulut konflik dan berakibat pada terganggunya Kantibmas.
 “Operasi ini bertujuan untuk mengawal dan mengamankan Pemilukada sampai purna. Polres juga sudah menggelar sejumlah operasi pencitraan dan pemberantasan curas, curat, narkoba, curanmor, sajam dan pemeriksaan kelengkapan dokumen kendaraan,” jelasnya.
Dalam proses pengamanan tersebut pihaknya akan didukung TNI, karena potensi kerawanan yang ada jika tidak dikelola dengan baik maka akan berdampak negative. Untuk itu diminta agar fungsi KPU dan Panwaslu harus bekerjasama dengan sebaik-baiknya, sebab POLRI maupun TNI tidak mungkin bekerja sendiri. (MK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar