Selasa, 23 April 2013

Demokrat Sumbawa Minus 2 Caleg

Sumbawa Besar,SE.
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Demokrat Kabupaten Sumbawa yang mendaftarkan Calegnya hari Senin (22/04) lalu ini minus dua caleg dari kuota maksimal 45 orang. Dari 5 daerah pemilihan (Dapil), dapil 1 dan dapil 4 masing-masing kekurangan 1 Caleg.
 “Masih ada waktu bagi kami untuk melengkapi kekurangan itu,” kata Syamsul Fiqri,S.Ag., Ketua DPD II PD Sumbawa.
Menurutnya, kekurangan tersebut disebabkan beberapa hari lalu kedua Caleg tersebut mengundurkan diri dan mendaftarkan diri melalui partai politik lain. Sementara, internal partai telah mendiskualifikasi beberapa orang yang sebelumnya telah mendaftar karena tidak sesuai dengan kualifikasi.
Diungkapkan, pengunduran diri dua orang bacaleg tersebut, tidak ada pengaruhnya dengan kisruh yang tengah melanda DPP saat ini. Bahkan ditingkat DPD Sumbawa, sejauh ini masih tinggi elektabilitas Partai Demokrat di masyarakat.
“Dalam waktu yang tidak lama lagi, elektabilitas partai secara nasional akan meningkat tajam bahkan melampaui partai lain. Buktinya sejak beberapa saat lalu sejak ada pergantian ketua, elektabilitasnya meningkat drastis,” ungkapnya.
Dijelaskan, dalam internal PD, terdapat tiga pos proses pencalegan. Yakni keagaam dengan point 40, kepatutan (35) dan ilmu pengetahuan (25). Selain mempertimbangkan pos-pos tersebut, struktur pengurus dalam partai juga mempengaruhi proses pencalegan.
 “Ada satu kades, yakni Desa Parenang yang ikut Caleg. Dia sudah mengundurkan diri jadi kades,” jelasnya.
Dari Caleg yang didaftarkan, ia menargetkan dapat mendominasi parlemen. Atau paling tidak masing-masing dapil terdapat satu orang yang berhasil menduduki kursi parlemen. Sebab, kualitas caleg yang diusulkan PD tidak kalah bersaing dengan caleg dari Parpol lainnya.(us)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar