Selasa, 16 April 2013

Pemkab KSB Berencana Bangun Arena Karapan Kerbau

Taliwang,SE.
Pemerintah Sumbawa Barat melalui dinas pariwisata mengungkapkan, tengah merencanakan pengadaan arena karapan kerbau dalam tahun 2013 ini, sebagai bentuk perhatian pemerintah setempat terhadap pelestarian budaya daerah.
Kepala Dinas Pariwisata KSB, Thalib Abdullah, menyebutkan, karapan kerbau sudah menjadi budaya masyarakat Sumbawa dan Sumbawa Barat dan mendapat perhatian. Karenanya, pengadaan arena barapan tersebut, adalah bagian dari tindak lanjut eksebisi karapan kerbau yang digelar di senggigi tahun 2012 silam.
 “Ini adalah tindak lanjut eksebisi kemarin, kita dapat respon positif dari sejumlah wisatawan, sehinggaperlu arena khusus agar tempat tersebut bisa dikreasi dengan sejumlah kesenian daerah lainnya,” terangnya.
Untuk pengadaan arena khusus karapan kerbau tersebut, lanjut Thalib, pemerintah daerah melalui dinas pariwisata telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 5 milyar, dan hal itu telah menjadi bagian dari  detail engering desaian untuk pariwisata kedepan.
Dengan keberadaan arena itu, harap Thalib, kesenian yang telah mulai menarik wisatawan domestic ataupun asing tersebut, bisa meingkatkan kunjungan wisatawan ke sumbawa barat dan meingkatkan sumber pendapatan daerah melalui sektor pariwisata.
 “Kita punya banyak pesona alam dan kesenian yang menarik untuk dijual, jadi kita tinggal perlu membuat pengunjung ataupun wisatawan itu merasa nyaman, dan karapan kerbau adalah salah satu kesenian yang bisa menjadi pemancing ketertarikan wisatawan ke Sumbawa Barat,” pungkasnya. (un)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar