Senin, 15 April 2013

Polres KSB Segera Gelar Operasi Mantap Praja

Taliwang, SE.
Kepolisian Sumbawa Barat dilaporkan siap menggelar pelaksanaan pengamanan khusus jelang tahapan kampanye Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB.
Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Muhammad Suryo Saputro mengatakan, operasi pengamanan itu diberi sandi “Mantap Praja  2013.”
“Kita dalam waktu dekat mulai menggelar  latihan praops mantap praja yang melibatkan  250 orang personil. Semua anggota polres dan polsek disiagakan,’’kata, Suryo, kepada para wartawan diruang kerjanya belum lama ini
Polisi sesuai hasil analisis data dan potensi  kerawanan akan menempatkan satu personil untuk menjaga setidaknya 8 Tempat Pemungutan Suara (TPS).  Dari data yang masuk di Sumbawa Barat ada sedikitnya 240 TPS yang tersebar di delapan Kecamatan.
Penempatan personil khusus juga berada di KPUD untuk mengawal logistik pemilu seperti surat suara, bilik suara dan lain sebagainya.
“Distribusi logistik akan dikawal petugas Polri, sesuai dengan sprint tugas penjagaan disetiap wilayah dimana TPS berada,” terangnya,
Tidak hanya personil polisi ditempatkan di daerah fital, seperti TPS. Tapi ada juga gabungan petugas Linmas serta sat pol PP.
Polisi juga diketahui telah menerima bantuan atau pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO), Brimob yang kini stanbay di wilayah Batu Hijau. Brimbob ini ditepatkan khusus didaerah strategis dengan kerawanan tinggi, seperti kantor KPUD, Panwas serta tempat fital lainnya.
“Salah satu area berpengamanan khusus selain KPUD ya rumah pasangan calon. Karena di daerah kita ada kandidat calon Gubernur, ya Polda mempatkan anggota satuan khusus seperti pengawal terlatih,’’ terangnya.
Selain petugas, Polri juga diketahui menyiapkan  sarana prasarana berupa kendaraan bermotor. Seperti sepeda motor 46 unit. Roda empat   20 unit, Roda enam  seperti bus angkut pasukan dan truk tiga unit. Serta yang terakhir, peralatan komunikasi diserver central.
“Kita mulai bekerja pada 25 April saat logistik tiba di KPUD. Dan operasi Mantap Praja ini berakhir hingga proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih,’’ pungkasnya.(ec)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar