Selasa, 16 April 2013

UN SMA Sederajat Dipastikan Digelar Kamis

Sumbawa Besar, SE.
Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA sederajat untuk 11 Propinsi akhirnya dipastikan berlangsung pada Kamis (18/04) hingga Senin (23/04) mendatang.  Kepastian tersebut berdasarkan surat edaran Kemendikbud nomor 74/MPK/LL/2013 tanggal 14 April yang diterima Dinas Diknas Sumbawa.
Kasi Kurikulum Dikmen Diknas Sumbawa, Salahuddin, Selasa (16/04) menerangkan, bahwa pendistribusian soal UN bagi SMA dan sederajat sebenarnya sudah berada di NTB.
“Hanya saja khusus untuk Kabupaten Sumbawa paketnya belum lengkap sehingga harus menunggu sisa paket yang dikirim oleh percetakan,” ujar Kak Bho, sapaan akrabnya.
Dikauinya, hingga sejak Senin malam pihaknya menerima 9 kali jadwal pengiriman soal UN dan 9 kali pula mengalami perubahan, baik itu oleh panitia pendistribusian di pusat maupun di Propinsi. Tentu perubahan berkali-kali tersebut meresahkan para Kepala Sekolah yang berasal dari Kecamatan jauh seperti Orong Telu yang sejak Kamis lalu berada dan menunggu paket soal di ibu kota Kabupaten.
 “Keterlambatan ini murni karena ketelodoran panitia pusat. Informasinya Selasa pagi, naskah soal didistribusikan ke Sumbawa, maka para Kepala Sekolah di Kecamatan akan menunggu soal tersebut di Polsek terdekat setelah sebelumnya tiba di Diknas untuk didistribusikan ke Polsek-Polsek melalui layanan Pos,” tandasnya.
Menurutnya, pengunduran jadwal UN berdampak pada pengunduran pelaksaan UN SMP. Selain itu, juga berdampak pada siswa kelas XII yang hendak mengikuti tes masuk perguruan tinggi di pulau Jawa khususnya di Yogyakarta, yang harusnya mengikuti tes pada Minggu (22/04).
Kadis Diknas Sumbawa, Sudirman Malik, yang dikonfirmasi mengenai pengunduran jadwal UN SMP, mengatakan, sejauh ini pihaknya masih menunggu perkembangan dan informasi dari Dinas Dikpora NTB dan perguruan tinggi terkait yang menyelenggarakan UN SMP.
 “Pada dasarnya kami dan semua SMP sudah siap. Sejauh ini masih menunggu jadwal dari Dinas Dikpora dan perguruan tinggi terkait,” ujar Sudirman Malik.(MK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar