Minggu, 05 Mei 2013

Diknas Klaim Fisik Sekolah Hampir Tuntas


Sumbawa Besar,SE.
Kepala Dinas Pendidikan (Kadis Diknas) Sumbawa, Sudirman Malik, mengklaim bahwa capaian fisik terhadap bangunan sekolah di semua jenjang di Kabupaten Sumbawa tuntas 99,99 persen. Atau artinya masih ada sekolah-sekolah yang memang membutuhkan perhatian fisik.
Tapi klaim tersebut tidak berlaku bagi keberadaan rumah dinas guru. Bahkan keberadaan rumah dinas guru akan dihapus, kecuali rumah dinas guru di daerah terpencil. Kebijakan tersebut diambil supaya lingkungan sekolah bebas dari rumah dinas guru.
 “Contoh di Batulanteh dan pulau Moyo, ada desa-desa tertentu yang memang masih membutuhkan rumah dinas guru dan perbaikannya akan ditingkatkan,” jelas Sudirman Malik.
Terkait masalah tersebut, ia kerap mengingatkan para guru dan Kepala Sekolah agar lebih kreatif dan berperan aktif. Jika ada kerusakan, misalnya genteng maka jangan harus menunggu bantuan dari pemerintah daerah. Koordinasi antara kepala sekolah dengan komite sekolah bersama orang tua murid sangat diharapkan untuk mencari solusi persoalan fisik di sekolah.
“Memang betul anggaran pendidikan lebih dari 20 persen, tapi kenyataannya masih kurang dan tidak berbanding lurus dengan yang diharapkan. Maunya kita semua tuntas fisik, sehingga fokus pada mutu pendidikan,” jelasnya.
Ia menambahkan, tahun ini jajaran Diknas Sumbawa akan melakukan evaluasi total bukan hanya menyangkut evaluasi kinerja tetapi juga pengembangan pendidikan Sumbawa ke depan. Dengan upaya tersebut diharapkan hajat peningkatan kualitas pendidikan di daerah ini dapat tercapai dan tidak lepas dari peran serta masyarakat.  (MK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar