Minggu, 05 Mei 2013

Empat Mega Proyek Bakal Dikerjakan Tahun 2014


Sumbawa Besar, SE.
Tahun 2014 mendatang, Pemkab Sumbawa akan mendapatkan bantuan pengerjaan empat mega proyek skala nasional melalui APBN.
Berdasarkan hasil Musrenbangnas 2014, menetapkan penanganan jaringan jalan nasional wilayah barat, penanganan jalan-jalan propinsi yang belum mantap, penanganan Dermaga Teluk Santong dan pembukaan jalur lingkar utara by pass Sumbawa (Sumbawa Besar-Ai Bari).
Kepala Bappeda Sumbawa, Lalu Suharmaji, yang ditemui, mengatakan, proyek skala kecil di Pemprop NTB untuk Sumbawa juga telah masuk. Sedangkan kelanjutan pengerjaan tanggul pengaman pantai Labuhan Sumbawa hingga Pantai Goa akan dikerjakan secara bertahap. Pasalnya tahun ini masih terkonsentrasi pada penambahan sarana dan prasarana di Pantai Goa.
Pembangunan tersebut, paparnya, akan secara bertahap terus sampai ke jembatan polak, tiap tahun sepanjang 100 meter dan di  tahun 2015 sudah tuntas sambil menyiapkan sarana yang ada di darat. Seperti mengelola pantai Saliper dan Goa. Jika sarana dan prasarana sudah lengkap barulah memajukan UMKM yang ada di sekitar itu.
Di dalam Musrenbangnas tersebuut, lanjut Suharmadji, pihaknya juga membahas rencana pembangunan dermaga Teluk Santong. Pihaknya juga mempertanyakan rencana turunnya tim Kementerian Kehutanan untuk meninjau lokasi lahan pengganti.  Tapi yang pasti, pembangunan pelabuhan Teluk Santong sudah masuk dalam buku besar perencanaan tahun 2014. Sehingga rentang waktu sampai Desember 2013 tim sudah harus turun.
“Harapan Pemkab Sumbawa bahwa apa yang direncanakan bisa dilakukan tahun 2014.
Namun kita juga cukup berhati-hati karena kendala lapangan pasti ada dan adanya regulasi baru terkait pembangunan pelabuhan. Tapi yang jelas dalam bulan ini tim Kemenhut akan survey lapangan,” ujar Kepala Bappeda.
Peningkatan infrastruktur tersebut merupakan salah satu program prioritas pemerintah setelah bidang pendidikan dan kesehatan. “Namun tidak menutup kemungkinan perlunya dukungan dari sektor lain,” tandasnya.
Terkait bidang pendidikan, Pemda berharap pada 2014 tidak ada lagi sekolah rusak (SD, SMP, SMA, maupun SMK). Sedangkan bidang Kesehatan, tahun ini diusulkan rehab total Puskesmas Plampang dan Empang. Tidak hanya itu, rehab RSUD Sumbawa juga akan dilakukan secara bertahap. Karena sebagian besar pasien diterima RSUP maka RSUD bisa direhab dan sudah diusulkan pada Musrenbangnas meski sifatnya masih usulan.(MK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar