Kamis, 02 Mei 2013

Nyaleg, 33 Kades Mengundurkan Diri


Sumbawa Besar, SE.
Sedikitnya 33 orang Kepala Kades (Kades) mengundurkan diri untuk mencalonkan diri menjadi Calon Legislatif (Caleg). Pengunduran diri tersebut merupakan salah satu keharusan untuk dapat ditetapkan menjadi Caleg.
 “Sedang kami proses. Mungkin pertengahan bulan ini sudah ada keputusan,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kades (BPM-PD) melalui Kabid Pemerintahan Kades dan Kelurahan, Pius Tukiman di ruang kerjanya.
Menurutnya, keputusan kades untuk mengundurkan diri kemudian mencalonkan diri menjadi caleg musti dihormati. Sebab, hal tersebut merupakan salah satu hak politik setiap warga negara. “Kita hormati itu. Untuk itu kita proses semua pengunduran dirinya,” jelasnya.
Ditegaskan, sembari menunggu finalisasi proses pengunduran diri tersebut, para kades telah berkomitmen untuk menyelesaikan segala persoalan yang ada di Kades masing-masing. Agar persoalan tersebut tidak melebar dan diterima oleh pejabat sementara kades nantinya.
Diungkapkan, setiap Kades mempunyai perosalan masing-masing. Namun persoalan yang muncul, khususnya di Kades yang akan ditinggalkan kadesnya dikategorikan ringan. Sehingga hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan, diprosesnya penguduran diri kades.
Dijelaskan, untuk mengisi penjabat sementara jabatan kades yang ditinggalkan, diisi oleh pejabat Kades setempat berdasarkan usulan BPD Kades bersangkutan. Bila tidak ada figur yang dianggap layak maka pemerintah dapat berinisiatif untuk menunjuk PNS dari kecamatan setempat.
Kades yang mengundurkan diri tersebut yakni, Kades Kades Pungka, Kades Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes. Kades Juran Alas, Kades Marente Kecamatan Alas. Kades Senawang Kecamatan Orong Telu. Kades Prode II, Kades Brang Kolong, Kades Plampang Kecamatan Plampang. Kades Moyo Kecamatan Moyo Hilir.
Kades Jorok, Kades Lab.Bajo, Kades Sabedo, Kades Tengah Kecamatan Utan. Kades Marga Karya, Kades Sebasang, Kades Maman, Kades Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu.  Kades Rhee Kecamatan Rhee. Kades Labuhan Burung, Kades Juru Mapin Kecamatan Buer.
Kades Lekong Kecamatan Alas Barat. Kades Empang Bawah Kecamatan Empang. Kades Batulanteh, Kades Tolo‘oi, Kades Labuhan Aji Kecamatan Tarano. Kades Sebewe Kecamatan Moyo Utara. Kades Bugis Medang Kecamatan Labuhan Badas. Kades Mamak, Kades Lopok Beru Kecamatan Lopok. Kades Jamu Kecamatan Lunyuk, Kades Suka Mulya Kecamatan Labangka dan Kades Lebangkar Kecamatan Ropang.(Us)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar