Senin, 20 Mei 2013

Rendah, Kesadaran Plat Merah Bayar Pajak


Sumbawa Besar, SE.
Kepala Kantor Samsat Sumbawa, Abdullah Masrang, menyayangkan rendahnya kesadaran pengguna kendaraan plat merah untuk membayar pajak kendaraan ke pihaknya.
“Padahal tiap tahun selalu dianggarkan melalui RKA tiap SKPD terkait pengguna kendaraan plat merah, baik roda dua maupun roda empat,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.
Abdullah menyebutkan, upaya Pemda Sumbawa untuk membayar pajak kendaraan belum maksimal.
Data kendaraan bermotor yang tercatat pada tahun 2012 sebanyak 2453 unit yang terdiri dari roda dua dan roda empat. Termasuk di dalamnya kendaraan plat merah yang kurang dari setengahnya belum membayar pajak.
Tidak adanya laporan dari SKPD pengguna cukup menyulitkan pihak Samsat dalam mengindentifikasi kuantitas kendaraan bermotor yang tersebar di semua instansi pemerintahan di daerah. Sehingga pihak Samsat akan bekerjasama dengan Pemkab Sumbawa khususnya bagian aset dalam menyatukan pendapat terhadap keberadaan kendaraan tersebut.
“Sebenarnya kami juga ingin mendata potensi dan mencari tahu indentitas kendaraan bermotor, apakah sudah apkir atau masih bisa dioperasikan.
Rencananya sebelum 17 Agustus mendatang,” jelas Abdullah Masrang.
Menurutnya, pentingnya pendataan kendaraan tersebut juga untuk membantu Pemda Sumbawa supaya asset kendaraan bermotornya tidak disclaimer. Bahkan semakin mengakuratkan data asset kendaraan bermotor milik Pemda.(MK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar